Selasa, 04 Juli 2017

Semut Harpegnathos Saltator


Harpegnathos saltator ialah semut yang berasal dari india dan semut ini mampu melompat beberapa inci ke depan. Harpegnathos saltator memiliki mata besar dan merupakan predator aktif yang berburu terutama di pagi hari. Semut ini hanya berkelompok kecil di setiap tempat.


Tidak seperti semut lainnya, mereka hanya terlihat sendiri atau dalam kelompok kecil. Dalam kelompok semut ini ada di antara mereka dapat kawin dan membuahkan telur yang telah dibuahi oleh sang ratu. Para pekerja ini disebut gamergrat. Semut Harpegnathos saltator terbiasa membentuk koloni baru secara mandiri dan pada penuaan mereka digantikan oleh beberapa gamergat. Gamergate bersanggama dengan jantan dari koloni mereka sendiri.

Para semut membatasi jumlah reproduksi di koloni tersebut dengan mengawasi pekerja baru yang mencoba bertelur saat ratu aktif. Semut ini menggunakan feromon alarm yang meliputi 4-methyl-3-heptanone, 4-methyl-3-heptanol dan isopentyl isopentyl. [7] H. saltator, seperti banyak spesies semut lainnya yang menghasilkan 4-methyl-3-heptanone dari kelenjar mandibular.

Lompatan mereka dilakukan dengan kaki tengah dan belakang. Mereka bisa melompat setinggi 2 cm dan panjangnya 10 cm. Lompatan ini dibuat tidak hanya untuk melarikan diri dari pemangsa mereka, tapi juga untuk menangkap mangsa.
Pintu masuk sarang biasanya berupa gundukan rendah di tanah dengan pintu masuk yang dikelilingi ranting dan dedaunan yang gugur. Pintu masuk sarang ditutup oleh semut di malam hari, dan dibuka kembali pada pagi hari. Ruang utama memiliki lubang seperti corong di antechamber, dan struktur ini diyakini dapat mencegah masuknya air ke ruang utama.



PERHATIAN : SETELAH MENGKLIK SEBUAH LINK, ANDA AKAN MENUJU KE HALAMAN BERIKUTNYA DAN TUNGGU 5 DETIK. SELANJUTNYA KLIK TULISAN LEWATI AGAR ANDA DAPAT MEMBUKA HALAMAN YANG ANDA TUJU.







TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA