Minggu, 20 Juli 2014

TRAGEDI JATUHNYA PESAWAT MALAYSIA AIRLINES MH17

Nasib tak baik di alami Makapai Malaysia Airline pada ini. Dimana pesawat tersebut sudah dua kali terjadi hal yang menggerikan dan menakutkan pada tahun ini. Baca selengkapnya di situs radja online 2014.

radja online 2014 turut berduka cita sedalam-dalamnya atas tragedi pesawat MH17 yang jatuh di negara Ukraina. Menurut kabar yang beredar bahwa, pesawat MH17 ditembak dengan
rudal hingga pesawat tersebut jatuh ke daratan Ukraina yang mengakibatkan seluruh awak pesawat dan penumpang meninggal ditempat dan ada juga penumpang yang di nyatakan hilang sampai saat ini.


Pesawat MH17 yang kabarnya mengangkut penumpang sebanyak 283 orang dan awak pesawat 15 orang yang terbang dari bandara Schiphol Amsterdam menuju ke bandara di kota Kuala Lumpur Malaysia.

Sesaat sebelum pesawatnya berangkat dari Bandara Schiphol di Amsterdam menuju Kuala Lumpur, penumpang Malaysia Airlines Penerbangan MH17, Md Ali Md Salim sempat merekam saat-saat terakhir di kabin. Saat itu ia hendak perjalanan pulang ke Malaysia.

Video berdurasi 14 detik, yang menunjukkan sejumlah penumpang lain yang sedang menyimpan barang-barang mereka di kompartemen atas itu, lekas diunggah ke akun Instagramnya.

Dalam keterangan video, pria berumur 30 tahun tersebut menuliskan kegelisahannya sebelum terbang pulang ke kampung halamannya itu. Md Ali merasakan kegundahan yang tak beralasan, seolah menjadi firasat adanya musibah yang akan dialaminya.

"Bismillah... #hatiadasikitgentar (In the name of God... feeling a little bit nervous)," tulis Md Ali dalam Instagram seperti dilaporkan Malaysian Star, Jumat 18 Juli 2014. Atau bisa diterjemahkankan, 'Dengan menyebut nama Allah...hatiku sedikit gelisah'

Suara di latar belakang, yang diyakini pengumuman dari sang pilot, terdengar jelas. "Saat ini, kita berada di tahap akhir boarding dan pemuatan kargo. Sekali lagi, pastikan seluruh telepon Anda dimatikan," kata pilot, sebelum rekaman berakhir.

Firasat buruk itu juga tak hanya dirasakan mahasiswa S3 Psikologi Erasmus University Rotterdam itu. Salah satu penumpang asal Belanda, Cor Pan juga mengisyaratkan tragedi MH17. Ia sempat mengunggah foto pesawat sipil ini sebelum terbang dan menuliskan keterangan foto yang menjadi kata-kata terakhirnya itu.

"Lihat ini penampakkan pesawat jika nanti menghilang," tulis Pan dalam akun Facebook, seperti dimuat News.com.au, Jumat 18 Juli 2014.

Ali dan Cor Pan, adalah 2 dari 298 penumpang dan awak yang dilaporkan tewas dalam Malaysia Airlines MH17 yang jatuh setelah dihantam rudal pada Kamis 17 Juli 2014 di dekat perbatasan Rusia, tepatnya di wilayah Donestsk, Ukraina Timur.

Kecelakaan MH17 pertama kali dikabarkan oleh penasihat Kementerian Dalam Negeri Anton Gerashenko. Dia mengatakan, MH17 jatuh karena ditembak di antara kawasan Krasni Luch, Luhansk dan Shakhtarsk, dekat Donetsk.

Dalam rilisnya, pihak maskapai Malaysia Airlines mengatakan mereka kehilangan kontak dengan pesawat MH17 pada Kamis pukul 14.17 waktu setempat. Kontak terakhir terjadi di Tamak, 50 km dari perbatasan Rusia-Ukraina.

Ada 298 orang di pesawat maskapai MH17. Mereka terdiri dari 283 penumpang dan 15 kru pesawat. Data yang dilansir Reuters menunjukkan penumpang tersebut terdiri dari 27 warga Australia, 23 warga Malaysia, 11 warga Indonesia, 6 warga Inggris, 4 warga Jerman, 3 warga Belgia, 3 warga Filipina, 1 warga Kanada.

Media Malaysia The Star menambahkan, ada 4 warga Prancis yang berada di Boeing 777 nahas tersebut. "Puluhan lainnya belum diketahui.

Pada hari jum'at tanggal 18-7-2014 - Kementerian Pertahanan Rusia, mengatakan, telah menangkap aktivitas sebuah sistem radar Ukraina pada saat Malaysia Airlines MH17 jatuh di wilayah timur Ukraina. Demikian biro pers Kemenhan Rusia.

"Sepanjang 17 Juli, fasilitas radar Rusia mencegat operasional baterai Buk-M1 Kupol yang terletak di kawasan Styla (30 kilometer sebelah selatan Donetsk)," demikian Kementerian Pertahanan Rusia.

"Kemampuan teknis Buk-M1 memungkinkan pertukaran data sasaran udara antar baterai di satu batalyon. Sehingga, peluncuran roket kemungkinan terjadi dari salah satu baterai yang berada di wilayah Avdeevka (8 km utara Donetsk) atau dari Gruzsko-Zoryanskoe (15 km timur Donetsk)," lanjut Kemenhan Rusia.

Boeing 777 milik Malaysia Airlines terbang dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur jatuh di dekat kota Torez, kawasan Donetsk dan menewaskan seluruh penumpangnya.

Pemerintah Ukraina menuding milisi pro-Rusia di kawasan Donetsk yang bergolak sebagai pelaku penembakan pesawat dengan nomor penerbangan MH17 itu. Namun, tudingan itu dibantah kelompok pemberontak dengan alasan mereka tak memiliki senjata yang mampu mengenai sasaran yang terbang di ketinggian 10.000 meter.

Kini, Pemerintah Ukraina dan Malaysia Airlines tengah menginvestigasi tragedi itu. Selain petugas lokal, para penyidik dari FBI, termasuk Komite Penerbangan Antarnegara Bagian (IAC), dan para pakar Interpol ikut menyidik kasus ini.

Sementara itu, ABC News mengabarkan Pemerintah AS sudah mengirim para penyidik FBI dan Badan Keselamatan Transportasi Nasional ke lokasi kecelakaan.


Rudal Penghancur Pesawat

Siapa sebenarnya pelaku penembakan pesawat MH17 pada hari kamis 17-7-2014 yang mengkibatkan seluruh penumpang dan awak pesawat dinyatakan meninggal ditempat.

Sabtu 19-7-2014 - Pemerintah Ukraina menuduh pemberontak pro-Rusia berupaya merusak bukti-bukti dari ‘kejahatan internasional’ di lokasi kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH17.

Pemerintah mengatakan pemberontak yang mendapat dukungan Rusia juga mencegah perwakilan internasional dan para ahlinya untuk memulai penyelidikan.

Pesawat Malaysia Airlines MH17 diyakini jatuh karena ditembak rudal darat ke udara di kawasan yang dikuasai pemberontak pada Kamis tanggal 17-7-2014. Semua 298 penumpang dan awak pesawatnya tewas ditempat.

Boieng 777 itu sedang dalam perjalanan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur dan jatuh antara wilayah Krasni Luch di Luhansk dan Shakhtarsk, Donetsk.

Dalam pernyatannya, pemerintah Ukraina mengatakan ‘teroris’ membawa 38 jenazah ke sebuah ruang jenazah di Donetsk yang dikuasai pemberontak. Ditambahkan bahwa pemberontak berupaya memindahkan puing-puing pesawat ke Rusia.

Masyarakat dunia, tambah Ukraina, harus menekan Rusia untuk memutus dukungan kepada pemberontak untuk memungkinkan pihak berwenang Ukraina dan para ahli internasional melakukan penyelidikan.

Sementara itu, Moskwa menuduh balik Barat dengan melancarkan perang informasi melawan Rusia. Kementerian Pertahanan Rusia menantang Ukraina untuk memberikan rincian tentang yang dilakukan oleh sistem pertahanan rudalnya pada saat kecelakaan.

Data Malaysia Airlines menyebutkan MH17 membawa 192 warga Belanda –termasuk seorang yang memiliki kewarganegaraan ganda Amerika Serikat, 44 Malaysia –termasuk 15 awak, 12 orang Indonesia dan 10 warga Inggris dengan dua di antaranya berkebangsaan ganda Afrika Selatan.

Penumpang lainnya berupa empat warga Jerman, empat Belgia, tiga Filipina dan masing-masing satu dari Kanada dan Selandia Baru.

Sementara itu, Sebuah analisis awal intelijen AS meyakini pemberontak pro-Rusia di wilayah timur Ukraina adalah yang menembak jatuh Malaysia Airlines MH17 pada Kamis (17-7-2014). Namun, Pemerintah AS masih terus memeriksa bukti-bukti yang ada.

"Terdapat sejumlah indikasi (pemberontak yang menembak jatuh MH17), tetapi belum ada keputusan final," kata seorang pejabat AS yang tak ingin disebutkan namanya seperti dilansir AFP.
Para analis militer dan intelijen masih sibuk berkutat dengan data satelit dan data-data lainnya, tetapi semua pertanyaan yang muncul seputar insiden ini belum terjawab.
Namun, dari analisis awal, diduga pesawat Boeing 777 yang membawa 298 orang penumpang dan awak itu ditembak rudal SA-11, sebuah varian umum dari rudal darat ke udara Buk buatan Rusia.

Keyakinan soal ditembaknya MH17 juga disampaikan Duta Besar AS untuk PBB, Samantha Powers, yang menyatakan rudal itu ditembakkan dari wilayah timur Ukraina yang dikuasai pemberontak.

Pesawat itu sedang terbang di ketinggian 33.000 kaki atau sekitar 10.000 meter ketika jatuh. Ketinggian terbang Malaysia Airlines itu masih dalam jarak jelajah rudal buatan Rusia yang dimiliki baik oleh Ukraina maupun Rusia itu.

Sistem persenjataan rudal darat ke udara Buk dikenal "sangat sulit" dan membutuhkan latihan rutin untuk dapat menggunakannya karena operator radar harus menyamakan koordinat dengan petugas peluncuran rudal.

Militer Ukraina juga memiliki sistem persenjataan Buk, tetapi tidak ada bukti apa pun yang menunjukkan Kiev mengerahkan persenjataan itu di wilayah lokasi jatuhnya MH17. Demikian Samantha Power.
Lihat foto puing-puing pesawat Malaysia Airlines MH17 yang ditembak dan jatuh di Ukraina KLIK DISINI.


Andrie Ochtman

Beralih keposisi lain, ternyata ada salah seorang calon penumpang yang bernama Andrie Ochtman.
Dia sendiri tak menyangka keputusannya untuk berganti pesawat dalam perjalanan ke Jakarta dari Amsterdam akan membawa pengaruh besar dalam hidupnya. Pebulu tangkis Belanda berdarah Indonesia tersebut terhidar dari musibah Malaysia Airlines MH17 yang jatuh karena ditembak di Ukraina, pada hari Kamis 17-7-2014.

Ochtman sudah merencanakan penerbangan ke Indonesia untuk berlatih dan ikut turnamen dalam Astec International Challenge 2014 (12-16 - Agustus), Kamis (17-7-2014). Namun, sesampainya di Bandara Schipol, Amsterdam, Belanda, dia mengubah rencana penerbangannya.

Pihak bandara menawarkan untuk berganti pesawat menggunakan KLM Royal Dutch Airlines karena pesawat MH17 terlalu penuh. Jika bersedia, Ochtman akan mendapat kompensasi sebesar 600 euro (sekitar Rp 9,4 juta). Namun, dia harus menunggu sekitar dua jam di Schipol dan kira-kira lima jam saat transit di Dubai. Dari Dubai ke Jakarta, Ochtman naik Emirates Airlines.

Setelah berdiskusi dengan keluarga, Ochtman pun memutuskan untuk berganti pesawat. Jadwal kedatangan di Jakarta pun mundur cukup jauh. Jika tetap naik MH17, dia seharusnya tiba di Jakarta pada Jumat pagi. Karena berganti pesawat, dia baru tiba sore hari.

"Pihak bandara mencari 16 volunteer untuk pindah penerbangan karena penuh. Sebenarnya saya sudah ada janji bertemu dengan teman di Indonesia setelah sampai (Jumat pagi). Namun, akhirnya saya memutuskan untuk ganti pesawat. Saya whatsApp teman saya dan mengubah waktu janjian," tutur pemuda yang terhindar dari musibah besar pesawat MH17 Andrie Ochtman.

Ochtman baru mengetahui berita jatuhnya MH17 saat tiba di Dubai. Dia menerima pesan dari kakaknya bahwa pesawat yang seharusnya dia naiki mengalami kecelakaan. Ochtman mengaku ingin pingsan saat mendengar berita tersebut.

"Saya sangat bersyukur kepada Tuhan karena masih diberi kesempatan untuk hidup," itulah ucapan pemuda yang bernama Andrie Ochtman

Kronologi Jatuhnya Pesawat Malaysia Airlines #MH17 di Ukraina

Pesawat Malaysia Airlines Boeing 777 dilaporkan jatuh di perbatasan Ukraina dan Rusia. Media The Star Online di Malaysia menyebutkan, pesawat terbang dari Amsterdam ke Kuala Lumpur dengan membawa 283 penumpang dan 15 awak pesawat.

Berikut kronologi jatuhnya pesawat sebagaimana dikutip The Star Online:

Kamis, 17 Juli 2014

18.00: Pesawat dijadwalkan berangkat dengan nomor penerbangan MH17, jenis Boeing 777, dari Bandara Schiphol, Amsterdam, Belanda.

18.15: MH17 berangkat dari Amsterdam dengan membawa 280 penumpang dan 15 kru.

22.15: Malaysia Airlines (MAS) menerima pemberitahuan dari Air Traffic Control (ATC) Ukraina bahwa mereka kehilangan kontak dengan MH17 sekitar 30 kilometer dari Tamak, sekitar 50 kilometer dari perbatasan Rusia-Ukraina.

23.30: MH17 diperkirakan mengalami kecelakaan. MAS merilis tweet resmi, "Malaysia Airlines telah kehilangan kontak MH17 dari Amsterdam. Posisi terakhir diketahui di wilayah udara Ukraina".

23.40: Kantor berita Interfax mengabarkan, pesawat telah ditembak di atas ketinggian 10 kilometer di atas Ukraina bagian timur.

  • Interfax telah mengonfirmasi bahwa lokasi terbakarnya pesawat di Ukraina timur.
  • Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengonfirmasi bahwa semua penumpang dan kru meninggal. Pesawat ditembak jatuh ketika terbang di ketinggian 30.000 kaki (kira-kira 10 km).
  • Igor Strelkov, pimpinan milter separatis Rusia, mengirimkan pesan di media sosial VKontakte sebelum MH17 jatuh. Ia menulis bahwa pemberontak telah menembak jatuh pesawat Antonov An-26 (pesawat dengan dua baling-baling di bagian sayap), yang biasa digunakan Angkatan Udara Ukraina, di wilayah dekat Torez.


Jumat, 18 Juli 2014

00.03: Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk menginstruksikan investigasi kecelakaan pesawat tersebut.

00.05: Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak menulis di Twitter, "Saya terkejut dengan laporan kecelakaan MH17. Kami akan langsung melakukan investigasi."

00.18: Pihak berwenang Ukraina di lokasi kecelakaan mengatakan, paling sedikit 100 jenazah ditemukan di lokasi, dan potongan tubuh jenazah tersebar sekitar 15 kilometer dari lokasi.

00.30: Baik pemerintah maupun pemberontak Ukraina membantah telah menembak jatuh MH17. Sebuah peluru kendali (rudal) darat ke udara diduga digunakan untuk menembak pesawat itu hingga jatuh.

  • Menurut kantor berita RIA, Presiden Rusia Vladimir Putin berkomunikasi dengan Presiden Barack Obama tentang kecelakaan.

12.45: Lokasi kecelakaan berada di Desa Grabovo, di wilayah Donetsk.

02.10: Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius menyebutkan, sedikitnya empat warga negara Perancis menjadi penumpang MH17.

02.28: Kantor berita Interfax melaporkan, pemberontak separatis Rusia mengklaim menemukan kotak hitam MH17.

04.15: Dalam jumpa pers, Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak mengatakan, Organisasi Internasional Penerbangan Sipil (ICAO) mengklaim rute yang dilalui pesawat MH17 adalah rute aman. Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) juga menyatakan, jalur penerbangan MH17 tidak termasuk daerah terlarang.

  • Najib mengatakan bahwa Malaysia Airlines menyebut tidak ada panggilan darurat yang dilakukan MH17.
  • Menurut informasi dari ATC di Kiev, lokasi suar darurat di 48 derajat 7 menit 23 detik Lintang Utara dan 38 derajat 31 menit 33 detik di Bujur Timur.
  • Pemerintah Ukraina yakin bahwa pesawat telah ditembak jatuh. "Namun, Malaysia belum bisa memverifikasi hal ini," kata Najib.
  • Pemerintah Malaysia akan berusaha mencari tahu apa yang terjadi dengan pesawat ini dan berjanji membawa pihak yang bertanggung jawab ke pengadilan.
  • Pemerintah Malaysia mengirim pesawat khusus ke Kiev, bersama staf bencana alam Malaysia, tim penyelamat, dan tenaga medis.
  • Posko darurat telah dibangun dan pemerintah Malaysia terus melakukan komunikasi dengan Ukraina.
  • Najib menyebutkan, Presiden Ukraina Petro Poroshenko berjanji akan melakukan investigasi independen.
  • Ukraina akan melakukan negosiasi dengan pemberontak di bagian timur negara tersebut.

06.10: MH17 dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

07.30: Malaysia Airlines mengatakan, semua pesawat mereka dari Eropa akan mengambil rute alternatif menghindari jalur biasa di tempat MH17 jatuh.

07.30: MAS mengonfirmasi bahwa MH17 membawa 298 orang, 283 penumpang, termasuk tiga bayi dengan kewarganegaraan berbeda, dan 15 kru. Ini sekaligus ralat atas informasi yang disebutkan sebelumnya bahwa penumpang berjumlah 295 orang.

Mudah-mudahan setelah kejadian ini tidak ada lagi pesawat sipil yang ditembak oleh siapa pun dan dengan alasan apa pun. Dan kepada UMAT MUSLIM penumpang pesawat MH17 semoga amal ibadahnya di terima oleh ALLAH S.W.T dan dihapuskan semua dosa-dosanya serta kepada keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini A...MIN.......











Trima Kasih Atas Kunjungan Anda