Senin, 03 Juli 2017

SEMUT PANDA


Mungkin Anda sudah tau dengan nama semut panda, atau Anda belum tau sama sekali. Semut panda berasal dari sebuah negara.Namun, benarkan hewan yang memiliki bulu dengan warna sama dengan panda?


Semut panda berasal dari garis pantai Chile dan pertama kali dikenal sebagai euspinolia militaris. Namun, di karenakan warnanya yang sama seperti panda sehingga hewan ini di namakan semut panda.

Semut panda sebenarnya adalah spesies tawon tanpa sayap dan berhubungan dengan red velvet ant yang juga dikenal bisa membunuh seekor sapi dewasa dalam sebuah kasus yang pernah terjadi. Semut panda disebut mampu melumpuhkan sapi dewasa dengan enam sengatannya yang kuat.

Sayangnya, semut panda merupakan spesies yang hampir punah di dunia. Mereka hanya menelurkan 2.000 telur setiap tahunnya di habitatnya. Berkurangnya populasi semut ini di karnakan banyaknya predator yang memangsa semut panda. Sedangkan semut panda dewasa hanya mampu bertahan selama dua tahun.

Spesies dengan nama Latin multillidae ini biasa hidup di pasir atau kerikil. Kini mereka hanya bisa ditemukan di wilayah tropis terutama gurun seperti di Amerika Serikat bagian barat laut atau Meksiko.

Panjang untuk semut panda dewasa rata-rata 8 mm dengan ketinggian 2–3 mm. Mereka hidup secara soliter dan lebih aktif di suhu setelah matahari tenggelam.

Fakta Semut Panda

Ada beberapa fakta panda semut yang masih banyak orang ketahui. Salah satu fakta tersebut adalah fakta bahwa semut Panda belum tentu semut tapi tawon di keluarga hymenopteran Multillidae juga disebut semut beludru. Multillidae adalah keluarga yang terdiri dari lebih dari 3.000 spesies tawon dimana betina mewakili seekor semut. Serangga ini memiliki nama mereka dari warna hitam dan putihnya. Betina sering bersayap, besar dan memiliki banyak bulu di tubuhnya. Serangga ini memiliki penampilan yang indah namun memiliki satu sengatan buruk yang bisa sangat menyakitkan pada kulit Anda. Inilah sebabnya mengapa mereka disebut juga "pembunuh sapi," karena mereka mampu merobohkan seekor sapi atau hewan lain yang jauh lebih besar dari pada mereka. Mereka juga memiliki exoskeleton yang sulit yang membantu mereka saat menyerang sarang mangsa mereka dan juga mempertahankan kelembaban karena mereka kebanyakan menempati daerah kering.

Masih di bawah fakta semut panda adalah serangga ini pertama kali ditemukan di wilayah pesisir Cile Tengah pada tahun 1938. Setelah itu, sangat sedikit ilmuwan yang memberikan perhatian sampai saat ini ketika beberapa penelitian dilakukan. Habitat langsung mereka adalah pasir atau kerikil. Saat ini, mereka kemungkinan besar akan ditemukan di daerah tropis kering dan terutama di daerah gurun dan berpasir seperti Southwestern Amerika Serikat dan sebagian Meksiko.

Fakta lain yang belum diketahui orang tentang serangga berbahaya ini adalah kenyataan bahwa mereka tumbuh hingga panjang 8 milimeter dan tingginya setinggi 2 sampai 3 milimeter. Ini adalah rata-rata panjang dan tinggi dewasa masing-masing semut panda.


Fakta menarik tentang fakta panda yang menarik adalah bahwa mereka menunjukkan dimorfisme seksual yang ekstrem. Ini berarti bahwa jantan dan betina pada spesies yang sama berbeda sehingga mudah untuk mengidentifikasi mereka. Laki-laki biasanya sangat besar dibandingkan dengan betina dan mereka adalah orang-orang yang membawa perempuan saat kawin. Sebenarnya, agak sulit untuk menyimpulkan bahwa mereka ditemukan di bawah kelompok spesies yang sama kecuali jika Anda menemukannya kawin.

Ada fakta menarik lainnya tentang serangga ini adalah kebiasaan mereka sehari-hari. Mereka terutama bergantung pada nektar sebagai sumber makanan utama mereka. Laki-laki cenderung nokturnal sementara betina adalah orang-orang yang agak aktif di siang hari. Penting untuk dicatat bahwa semut Panda lebih aktif selama suhu yang terjadi setelah matahari terbenam. Tidak ada penjelasan yang jelas mengenai hal ini namun tetap saja mereka tidak harus takut pada kegelapan. Sebenarnya, istilah yang sempurna untuk jenis perilaku mereka adalah "termofilik." Ini berarti bahwa meskipun mereka tidak menghindari cahaya, mereka aktif saat suhu sering dialami setelah matahari terbenam tersedia.

Setelah kawin, betina akan mencari sarang serangga seperti sarang lebah tanah atau sarang tawon dimana ia akan menyimpan telurnya di dekat masing-masing larva atau pupa. Setelah ini, anak-anak muda akan berkembang pada akhirnya membunuh pupa / larva yang tidak bergerak setelah beberapa hari.



PERHATIAN : SETELAH MENGKLIK SEBUAH LINK, ANDA AKAN MENUJU KE HALAMAN BERIKUTNYA DAN TUNGGU 5 DETIK. SELANJUTNYA KLIK TULISAN LEWATI AGAR ANDA DAPAT MEMBUKA HALAMAN YANG ANDA TUJU.






TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA