Selasa, 20 Juni 2017

Ikan Goliath Tigerfish

Goliath Tigerfish

Goliath Tigerfish berasal dari lembah Sungai Kongo, Sungai Lualaba, Danau Upemba dan Danau Tanganyika di Afrika. Ikan ini adalah anggota klan tigerfish terbesar, genus pemangsa hebat dengan gigi yang menonjol dan mirip belati. Ikan Goliath terbesar yang tercatat hampir 5 kaki panjangnya dan beratnya mencapai 154 kilogram dan ikan ini mengalahkan ikan permainan Afrika lainnya dengan kecepatan dan kekuatan.


Penduduk setempat mengatakan bahwa itu adalah satu-satunya ikan yang tidak takut dengan buaya di daerah itu, padahal ikan Goliath hanya memakan ikan-ikan kecil. Ini juga diketahui bisa menyerang manusia, namun jarang terjadi. Ikan ini sangatlah cepat dan kencang sehingga tidak hanya akan memencet garis pemancing, tapi kadang kala akan membuat off dengan tackle-nya. Tak heran bila seorang promotor safari mewajibkan klien membaca risalah peringatan tentang Goliat sebelum menyetujui perjalanan untuk memancing ikan buas ini.


Pengganggu Cekungan Kongo Goliath tigerfish memiliki punggung berwarna zaitun dan perut yang keperakan. Tapi jika Anda melihatnya, apa yang akan Anda ingat adalah seteguk gigi bergerigi yang sangat tajam. Setiap gigi bisa sampai satu inci panjangnya. Gigi Goliat terletak di tepi rahang. Hewan buas itu hampir tidak memiliki bibir. Dan disaat gigi-gigi itu menusuk mangsa, tentu akan mematikan.

Ikan ini menyukai perairan yang bergejolak, dimana ikan perenang yang kurang bertenaga berjuang melawan arus, membuat mereka rentan diserang oleh Goliath. Ikan ini memiliki penglihatan yang sangat baik dan berkemampuan untuk merasakan getaran berfrekuensi rendah yang dipancarkan oleh mangsanya. Ikan Goliath umumnya mengelilingi ikan lain sebelum menyerang dengan kebrutalan. Goliat telah diketahui menerkam ikan patin seberat 60 pon dan secara harfiah mengirisnya menjadi dua. Masa hidup Goliat di alam liar tidak pasti, tapi ikan ini bisa bertahan selama 10 sampai 15 tahun di penangkaran.


Menangkap seekor Goliat Yang Ganas
Goliat adalah ikan yang sulit ditangkap, namun tetap bisa dilakukan, asalkan Anda memiliki alat berat, kait yang cukup tajam dan Anda tetap harus waspada di saat memancing ikan buas ini. Mereka akan menyerang umpan sacara langsung. Jika Anda memiliki keberuntungan, kait Anda akan terbenam cukup dalam di mulut sehingga bisa bertahan dari pukulan kepala Goliat yang buas itu. Dengan begitu Anda bisa menarik ikan itu secara perlahan-lahan ke daratan.

Kenapa Anda Harus Membuangnya Kembali Ke Sungai?
Goliath tigerfish menempatkan lebih banyak energi untuk membunuh daripada berkembang biak. Diperlukan populasi lokal antara lima dan 14 tahun untuk ukuran yang lebih besar. Bila setiap orang yang memancing ikan ini  melepaskannya, tentu akan membantu memastikan bahwa monster ini tetap dalam jumlah yang memadai untuk menjaga ekosistem tetap stabil di alam liar.



PERHATIAN : SETELAH MENGKLIK SEBUAH LINK, ANDA AKAN MENUJU KE HALAMAN BERIKUTNYA DAN TUNGGU 5 DETIK. SELANJUTNYA KLIK TULISAN LEWATI AGAR ANDA DAPAT MEMBUKA HALAMAN YANG ANDA TUJU.






TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA